Kamis, 20 Juni 2013

Jakarta - Kuala Lumpur - Perth with Air Asia Fly Thru 6 - 9 June 2013



AA QZ 8196 siap tinggalkan Jkt

“Ini adalah perjalanan kedua dari Jakarta ke Perth melalui Kuala Lumpur (“KL”); mestinya saya lebih percaya diri!” gumam saya menjelang berangkat ke Bandara Soetta. Ya, semua tempat-tempat penting yang harus saya lewati selama perjalanan sudah saya “capture”  pada perjalanan pertama Agustus 2012 yang lalu. Mulai dari imigrasi, check in bagasi, transit, ruang tunggu bandara, pergantian pesawat, dan sejenisnya sudah saya identifikasi dan besar kemungkinan belum berubah prosedur maupun lokasinya.  “Medan yang akan saya lalui sama; ini hanya pengulangan, tak ada yang perlu dikhawatirkan” bisik saya dalam hati. 

 Memang keyakinan saya benar-benar terbukti. Jika dalam perjalanan pertama ada sejumlah kekhawatiran yang menggelayut selama perjalanan, maka kali ini saya serasa melenggang ringan selama perjalanan Jakarta ke Perth. Beberapa kekhawatiran yang dulu menyelimuti benak saya antara lain: barang-barang yang boleh dibawa ke kabin, pengurusan bagasi saat beralih penerbangan, prosedur pindah penerbangan di KL, dan urusan dengan imigrasi. Untuk semua kekhawatiran itu saya sudah tahu jawaban atau penjelasannya.


Begitu tenangnya, saya sampai benar-benar menikmati waktu tunggu di Blue Sky Longue Terminal 3 Bandara Soetta. Hampir semua menu saya cicipi. Maklum, back packer tak memesan makanan dalam penerbangan. Jadi, bikin kenyang selagi di bandara menjelang keberangkatan.


Ringkasan Penerbangan

AA D 7236 siap tinggalkan Kuala Lumpur
Kali ini perjalanan Jakarta ke Perth pulang pergi menggunakan Air Asia (“AA”) dengan tiket seharga Rp. 3.456.000,- yang saya beli pada 19 September 2012 dengan kode booking C5BQ4C. Belakangan saya menambah bagasi maksimum 15 kg seharga Rp. 105.000,- (Jakarta – KL) dan Rp. 165.000, (KL-Perth).


Berangkat 6 Juni 2013 dengan AA QZ 8196 pemberangkatan pukul 18.35 menempati seat 18E transit KL. Dari KL menggunakan AA D 7236 pada 7 Juni 2013 pukul 00.05 menempati seat 23J. Balik dari Perth ke KL 9 Juni 2013 dengan AA D 7237 pemberangkatan pukul 06.50 menempati seat 37G, disambung dengan AA QZ 8193 pada tanggal yang sama untuk penerbangan KL – Jakarta, pemberangkatan pukul 14.55 dengan menempati seat 18E.


Fly Thru - Penerbangan Lanjutan Transit di KL (Bagasi otomatis berpindah)
Poster Petunjuk Transfer Flight LCCT KL

Ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan dalam milis jalan-jalan. Kalau saya hendak ke luar negeri transit di KL dengan penerbangan yang sama, apakah harus keluar bersama penumpang lain tujuan KL, atau tinggal pindah ruang tunggu? Bagaimana dengan bagasi saya?  

Jawaban atas pertanyaan tersebut di atas tergantung dari jenis pembelian tiket: terpisah (dua kode booking) atau lanjutan (satu kode booking). Jika tiketnya terpisah, maka itu sama saja kita melakukan dua penerbangan yang terpisah. Konsekuensinya begitu tiba di KL kita harus menyelesaikan semua urusan (mengeluarkan bagasi dan keluar imigrasi) untuk penerbangan pertama, kemudian masuk lagi untuk penerbangan kedua mulai dari awal (check-in lagi). Risikonya, bila penerbangan pertama terlambat dan kita tidak berhasil mengejar penerbangan berikutnya, itu merupakan tanggung jawab sepenuhnya penumpang.


Label Bagasi Otomatis Berpindah
Penerbangan saya adalah jenis kedua (satu kode booking untuk dua sektor penerbangan terpisah) yang dalam AA disebut dengan fly-thru. Waktu check-in di Bandara Soetta, bagasi saya diberikan dua label (seperti foto terlampir). Label pertama bertuliskan dua kode kota yang akan disinggahi oleh bagasi. Label kedua bertuliskan “Air Asia Flight Transfer”. Ini artinya saat tiba di KL kita tidak perlu mengurusi bagasi lagi. Petugas bandara KL akan memindahkan bagasi ini ke penerbangan sektor berikutnya. 
 
Saat tiba di KL, tepatnya di pintu masuk terminal akan ada petunjuk naik escalator (pintu keluar imigrasi) atau ke samping belok kiri (transfer). Kita ambil yang ke kiri. Kalaupun  terlanjur ke lantai dua karena mengikuti penumpang lain yang penerbangannya berakhir di KL tak perlu khawatir. Di lantai dua depan eskalator ada poster (foto terlampir) yang mempersilakan kita untuk kembali turun.


Di counter transit kita akan registrasi lagi; tunjukkan paspor dan tiket penerbangan lanjutan. Barang bawaan di kabin akan melewati sensor lagi. Baru kemudian kita diarahkan ke ruang tunggu berikutnya, dalam kasus saya di pintu 14 LCCT KL.











Ruang Tunggu pintu 14 LCCT KL


Ruang Tunggu 13-14 Bandara KL
Penerbangan KL – Perth dilayani oleh AA X dengan menggunakan pesawat berlambung besar jenis Airbus 330. Rupanya jumlah tempat duduk di ruang tunggu tak sebanding dengan kapasitas pesawat. Akibatnya mendekati boarding terdapat sejumlah penumpang yang tak dapat duduk di ruang tunggu. Beberapa bertahan berdiri, sebagian lagi duduk lesehan di lantai.




Kapasitas Tempat Duduk Ruang Tunggu Tak Memadai

Transport Bis Bandara ke Perth

Tiba di Perth 30 menit lebih awal, jadi saya bisa agak santai karena memang tak ada agenda di hari itu. Kali ini saya mencoba pengalaman baru masuk ke City of Perth dengan transportasi publik. Dari bandara internasional tidak ada layanan bis ke arah kota, adanya di terminal domestik. Dari bandara internasional saya menggunakan fasilitas gratis berupa bis Connet ke terminal domestik. Barulah dari terminal domestik saya naik bis Transperth Route 37 (Perth Domestic Airport - Kings Park). Kalau tidak salah tarifnya mendekati AUD 4 (dihitung dua zona).

Halte Bis Menuju Terminal Domestik

Cottesloe lagi

Area Berselancar Cottesloe Beach
8 Juni 2013 saya meniatkan diri untuk berlama-lama menikmati suasana pantai Cottesloe sampai puas menyaksikan sunset. Menuju ke Cottesloe saya menggunakan bis Transperth Route 102 (western Timetable 31) dari Esplenade Station. Begitu praktisnya ketimbang naik kereta karena dengan bis bisa turun di halte persis depan area pantai. Bila menggunakan kereta, dari Stasiun Cottesloe harus jalan kaki agak jauh melewati Forrest Street seperti kunjungan saya sebelumnya. 


Cottesloe di Siang Hari
Dudul Santai Menikmati Cottesloe Beach




Sunset Mentari di Cottesloe

Sunset di Cottesloe Beach

Sunset di Cottesloe Beach

Petang Hari di Cottesloe Beach


Gerbang Utama Cottesloe Beach







1 komentar:

  1. hi ..nanya dong, kebetulan akan ke Perth juga dengan AA via KL, tapi pas pulangnya jadi dari perth via KL dulu baru Jkt, itu juga fly thru ngga ya? soalnya kok si AA nya mindahin jdwl terbang kita dari yg tadinya masih ada selisih 4 jam jadi cuma 2 jam, itu kan KLIA2 gede banget dari imigrasi ke boarding gate jauh juga, jadi cemas kuatir ga keburu klo ga fly thru

    BalasHapus